Al-Hasan Al-Bashri dan Farqad


Al-Hasan Al-Bashri suatu saat menghadiri sebuah acara walimah bersama seseorang bernama Farqad. Beliau adalah seorang ‘alim, sedangkan Farqad adalah seorang ‘abid (orang yang rajin beribadah).

Acara walimah itu berjalan sebagaimana biasa dan -tentunya- banyak disuguhkan jamuan-jamuan sebagaimana pada umumnya acara walimah. Namun yang tidak biasa adalah wadah yang dijadikan tempat makanan atau minuman yang disuguhkan untuk para tamu, sebagian terbuat dari emas dan sebagian lagi dari perak yang menurut syari’ah diharamkan (dalam islam diharamkan menggunakan [makan/minum dari] wadah yang terbuat dari emas dan perak) .

Al-Hasan Al-Bashri menghampiri suguhan yang kebetulan berupa sejumlah kurma, lalu duduk dan mengambil seluruh kurma yang  ada di hadapannya –sehingga wadah tersebut menjadi kosong- dan memindahkannya ke atas roti lalu memakannya. Sedangkan Farqad menjauh dari suguhan-suguhan itu karena menurut -sepengetahuan-nya hal itu diharamkan, ia menjauh dalam rangka meninggalkan maksiat.

Melihat sikap Farqad seperti itu Al-Hasan Al-Bashri menoleh ke arah Farqad dan berkata sambil memprotes sikapnya yang menjauhi suguhan: “Hai Farqad, mengapa tidak kau lakukan saja seperti yang aku lakukan?!”.  Al-Hasan Al-Bashri berpandangan bahwa ‘mengosongkan’ wadah yang terbuat dari emas dan memindahkan kurma yang berada di dalamnya ke tempat lain bukanlah termasuk ‘menggunakan’ yang diharamkan. Akan tetapi sebaliknya, justru merupakan ‘aksi penghilangan’ kemunkaran (hal yang dilarang). Lebih dari itu, dengan begitu beliau –dengan ilmunya- telah melakukan beberapa amal shalih sekaligus; 1)melakukan kesunnahan walimah (memakan jamuan yang disuguhkan), 2) ‘idkhaalussuruur’ sekaligus menjaga  perasaan si pengundang agar tidak tersinggung, 3)menghilangkan kemunkaran (hal yang dilarang), 4)mengajarkan hukum syari’ah. Dan…  itu adalah salah satu indikasi ‘keutamaan ilmu’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s