Digurui, Siapa Mau?


Kebanyakan –sepengetahuan saya- orang menganggap bahwa cara menularkan kebaikan secara oral (untuk tidak mengatakan “mengajar ilmu atau memberi nasehat”) yang baik dan efektif adalah dengan cara yang tidak terkesan ‘menggurui’. Dan sepertinya kebanyakan –mungkin termasuk anda- sepakat dengan anggapan itu, meski -mungkin- belum dapat menggambarkan dengan jelas bagaimana sebenarnya sikap menggurui itu. Tulisan singkat ini hanya sebagai penyeimbang anggapan yang telah terlanjur menjadi “ijma’ ” tersebut.

Rasanya semua orang tahu dan setuju jika guru adalah sosok yang harus dihormati. Terlebih dalam islam, paling tidak itulah yang tercermin dari sikap-sikap orang-orang besar yang disebutkan dalam sejarah. Sayyidina Ali ra. misalnya, beliau pernah berujar: “Aku adalah hamba orang yang mengajarkan aku satu huruf.” Beliau yang dalam pandangan umat islam adalah sosok yang sangat dihormati, selain karena beliau adalah salah satu ahlul bait, juga Nabi SAW sering memuji beliau. Misalnya salah satu ungkapan Nabi SAW: “Aku adalah kota ilmu, sedangkan Ali adalah pintunya”. Namun dengan kesadaran bahwa ilmu tidak hanya bersentuhan dengan aspek intelektual tapi lebih dari itu, ilmu amat erat dengan spiritual (baca; keberkahan), beliau menyatakan dirinya sebagai ‘hamba’ (maksudnya orang yang hormat dan taat) demi memperoleh ilmu yang bermanfaat, ilmu yang membawanya menjadi pribadi yang baik.

Lalu bagaimana kita tidak sreg dengan istilah ‘menggurui’? Apakah kita terlalu malu untuk memposisikan diri kita sebagai murid sehingga begitu enggan untuk ‘digurui’? Apakah kita juga terlalu ‘gengsi’ untuk mendudukkan orang yang menyampaikan ilmu kepada kita sebagai guru kita? Padahal salah satu upaya agar kita mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat adalah dengan merendahkan hati kita terhadap ilmu dan guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s